Peringati Hari Anak Nasional 23 Juli, Dojo Matahari Lemkari Jimbaran Bali Bekali Anak Nilai Filosofis Karate-Do

Peringati Hari Anak Nasional 23 Juli, Dojo Matahari Lemkari Jimbaran Bali Bekali Anak Nilai Filosofis Karate-Do

BALI - Sejak Pandemi Covid-19 menyerang Indonesia dan seluruh dunia, pelatihan karate di Dojo Matahari, perguruan karate Lemkari (Lembaga Karate-Do Indonesia) Jimbaran Bali sempat terhenti sementara, namun  saat mendatang akan kembali tetap beraktivitas.

Dari perbincangan media ini dengan pelatih utama Dojo Matahari Jimbaran, Bali, Aryana Tan, Karatek DAN V menjabarkan program Pengurus Besar Lemkari yakni "Menuju Lemkari Gemilang" yang mendapat dukungan penuh Ketua Pengprov Lemkari Bali, I Wayan Muntra, SH, dengan pembinaan anak usia  dini.

"Pembatasan kegiatan sosial masyarakat turut menghentikan aktivitas latihan anak-anak Dojo Matahari untuk beberapa waktu lalu dan latihan akan dimulai kembali setelah PPKM Darurat selesai. Selamat Hari Anak Nasional (HAN) 2021, yang jatuh, Jumat, 23 Juli 2021 besok, " ujar Aryana Tan, Kamis (22/7/2021).

Aryan Tan lebih lanjut menjabarkan karate merupakan jenis bela diri lain dari Jepang. Dari asal katanya, karate berarti tangan kosong. Artinya, bela diri ini menekankan pada melatih gerakan untuk melindungi diri tanpa menggunakan senjata. Setiap gerakan dalam yang diajarkan dalam karate memiliki nilai moral yang baik untuk diajarkan pada anak.

"Kebetulan pelatih Dojo Matahari disamping berpengalaman juga mengajarkan beladiri karate dengan cara menyenangkan karena pelatih kami berpengalaman dalam melatih anak-anak, "paparnya, yang berpartisipasi menumbuhkembangkan bakat anak-anak di pulau dewata ini.

Menurutnya, untuk menghindari keseleo atau cedera dalam latihan, pelatih Dojo Matahari melakukan latihan bela diri dengan teknik yang benar kepada anak-anak. Tidak boleh ada gerakan yang berpotensi menyebabkan benturan di kepala. Dan diperbolehkan juga para karateka cilik itu menggunakan pelindung siku, pelindung lutut, atau pelindung dada. 

Menyoal kapan anak bisa mengikuti latihan, Aryana mengatakan sebenarnya tidak ada aturan baku mengenai mulai usia berapa anak dapat mengikuti karate. Namun demikian, kebanyakan diikuti si Kecil sejak usia 6 tahun.

"Pada usia tersebut, sebagian besar anak sudah dapat mengikuti instruksi dengan baik, serta sudah mulai bisa berpikir kritis. Selain itu, umumnya anak usia enam tahun ke atas sudah dapat berlatih secara disiplin. Dan pada usia dini ini latihan di Dojo Matahari Jimbaran Bali ini lebih menekankan pada nilai-nilai positif atau filosofis, serta tidak menekankan pada duel, " ungkapnya.

Diinformasikannya, bagi orang tua yang ingin anaknya berlatih karate di kawasan Jimbaran dan sekitarnya, hantarkan anaknya ke Dojo Matari, karena berlatih Karate-Do sejak kecil memang baik untuk mengajarkan kedisiplinan pada anak. Selain untuk melindungi diri, olahraga Karate-Do juga terbukti meningkatkan kebugaran fisik, menjaga berat badan ideal, dan baik untuk kesehatan mental. (Agusmardi)

Afrizal

Afrizal

Previous Article

Kuat Imun Tubuh di Masa Pandemi, Dojo Matahari...

Next Article

Semarak HUT RI Ke-76 Dojo Lemkari Matahari...

Related Posts

Peringkat

Profle

Achmad Sarjono verified

Afrizal

Afrizal verified

Postingan Bulan ini: 218

Postingan Tahun ini: 813

Registered: Jan 24, 2021

Herman Djide. B

Herman Djide. B verified

Postingan Bulan ini: 184

Postingan Tahun ini: 2102

Registered: Sep 22, 2020

Syafruddin Adi

Syafruddin Adi verified

Postingan Bulan ini: 159

Postingan Tahun ini: 2053

Registered: Feb 19, 2021

Agung widodo

Agung widodo

Postingan Bulan ini: 103

Postingan Tahun ini: 327

Registered: Jun 16, 2021

Profle

F.M. Ali Paser

18 Laptop SMPN 2 Panti Raib Dicuri, Sat Reskrim Polres Pasaman Ringkus Tersangka
Bayi 3 Bulan Ini Terlantar, Gara Gara Dua Ibu Saling Cakar dan Ditahan Polsek Mauk Tangerang
Kadis Pendidikan Pangkep Sabrun: Semua Guru Honorer Berpeluang Jadi P3K 2021
Ridhawati Kecewa, Pasien Sakit Disuruh  Pulang

Follow Us

Recommended Posts

Ditanya Soal Suksesi Politik, Anies Basweda: 'Ora Kolu'
Tony Rosyid: Berebut Panglima TNI
Presiden dan Kapolri Tinjau Vaksinasi Merdeka di Ponpes dan Tempat Ibadah Se-Indonesia
Sisilia Nurmala Dewi: Sebagian Bank BUMN Hambat Transisi Energi Terbarukan
Hari Jadi  ke-73 Polwan RI,  Kapolri Beri Apresiasi Polwan yang Dapat Bekerja dan Berjuang untuk Negara